FENOMENA KRIMINALITAS REMAJA

 Day 28 Februari Ceria

Baru saja begitu ramai terlihat baik di media sosial maupun di media elektronik dan media cetak, kasus Mario Dandi Satrio merupakan salah satu dari sekian fenomena kenakalan remaja yang semakin hari semakin mengarah kepada Kriminalitas. 

Tentu hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi dunia pendidikan di Indonesia. Bagaimana kurikulum pendidikan Indonesia lebih menekankan pada aspek penilaian kognitif daripada penilaian sikap dan karakter. 

Selama menjadi seorang guru transfer ilmu pengetahuan bukanlah hal yang sulit. Tantangan terberat adalah tujuan pendidikan itu sendiri, yaitu *memanusiakan manusia* . Kalimat yang menjadi jargon pendidikan ini menjadi sebuah tantangan yang berat, karena membentuk karakter seseorang tentu bukanlah hal instan. 

Akibat yang di tanggung Oleh Bapak / Ibu Guru demi memanusiakan manusia ini bisa berakhir di penjara bahkan bisa kehilangan nyawa. Namun, Demi cita-cita mencerdaskan anak bangsa, konsekuensi tersebut di pikul Bapak/Ibu Guru dengan Ikhlas meski sering pula profesi ini di lecehkan dan direndahkan. 

Tak jarang Beberapa masyarakat masih memandang sebelah mata terhadap profesi ini. Intimidasi dan intervensi tak jarang di terima oleh Bapak/Ibu Guru. Satu hal yang selalu menjadi motivasi dan kekuatan para Guru adalah profesinya adalah sesuatu amal jariyah yang pahalanya tidak akan putus meskipun raga telah tak membersamai Dunia. 

Kuala Pembuang, 
Yeni Arifin 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukses Ngeblog ala Mr. Dedi Dwitagama

KIMIA ITU MUDAH

MENERBITKAN BUKU BERSAMA PENERBIT INDIE