Resume pertemuan 1 KBMN PGRI 28


           Hari ini Senin tanggal 9 Januari 2023, pada pukul 19.00 WIB, kegiatan pelatihan belajar menulis bersama KBMN PGRI angkatan 28 dimulai dengan perkenalan dari pemateri atau pengajar yang telah berpengalaman dan termasuk salah satu pendidik berprestasi dengan segudang multitalenta.

           Dalam kesempatan ini, pemateri mengambil tema ; " menulis lah setiap hari, menulislah dengan hati." Demikian Om Jay bertutur. Dengan segudang pengalaman yang luar biasa dalam dunia literasi memanfaatkan blog sebagai media publikasi dan menerbitkan beberapa buku membuat beliau memperoleh penghargaan dari Presiden Indonesia, Bapak Joko Widodo.


          Menurut Om Jay menulis akan lebih mudah jika peristiwa yang ditulis tersebut langsung dilihat,dialami, didengarkan secara langsung. Sehingga kisah nyata atau based on true story lebih diminati oleh pembaca. Adapun bagaimana caranya dapat menulis setiap hari menurut Om Jay adalah dengan lebih sering membaca tulisan penulis lainnya sehingga khazanah literasi menjadi lebih berwarna dan beraneka.

         Menulis banyak memberikan manfaat, salah satunya adalah sebagai sarana mengaktualisasikan diri dan menyampaikan pesan kepada orang lain dalam bentuk tulisan. Tentunya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mempublikasikan ide dalam tulisan. Menurut Om Jay tulisan yang baik tidak hanya sekedar menulis sesuatu yang disukai oleh pembaca. Beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam menulis adalah (1) tulisan tidak boleh dilakukan dengan tujuan untuk menjatuhkan dan menjelekkan orang lain. (2) tulisan tidak boleh berisi kebohongan (Hoax). (3) tulisan yang datang dari hati akan memperoleh hati, terutama jika menulis dilakukan dengan ikhlas.

         Menulis dan membaca tentu tidak dapat dipisahkan. Karena kemampuan menulis diasah melalui referensi bacaan (literasi). Penulis juga harus menguasai kemampuan editing sebagai sarana untuk mengemas sebuah tulisan. Tak lupa pula, sebuah tulisan sampai kepada pembaca tentu memerlukan sarana publikasi yang salah satunya adalah blog atau sebuah kolom tulisan digital, seperti Blogger.com atau Kompasiana.(https://Wijayalabs.blogspot.com)

       Dalam kesempatan pertemuan belajar menulis hari 1 ini, peserta seperti saya banyak mendapatkan informasi dan motivasi. Mulai dari bagaimana membuat blog pribadi di blogger.com, kemudian membuat artikel di Kompasiana, dan bagaimana membuat tulisan lebih apik dan menarik bagi pembaca.

         Pembelajaran malam ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama perkenalan dan penyampaian materi dari pemateri, sesi kedua adalah tanya jawab. Peserta KBMN 28 begitu bersemangat mengikuti kegiatan. Hal ini tampak dari banyaknya penanya dengan bobot pertanyaan yang luar biasa. Tampak peserta KBMN 28 yang berasal dari Aceh hingga Papua begitu antusias mengikuti kegiatan ini. Mulai dari pertanyaan mengenai diksi dalam menulis, cara membuat blog, hingga menerbitkan sebuah buku.

          Semoga demikian juga atas diri saya, besar harapan seorang Khusnul Khatimah  Yeni Arifianti dapat menulis dan mengabadikannya dalam sebuah buku. Sehingga dapat menjadi bagian dari penulis -penulis yang luar biasa, dan karyanya dikenang sepanjang masa, seperti tagline yang dituliskan:"dalam tulisanku, aku abadi."

           Demikian resume pembelajaran dan kegiatan di pertemuan ke 1 ini, terimakasih Om Jay, Pak Da'il Maruf dan teman - teman pemateri dalam tim solid Om Jay. Siap lanjut pertemuan berikutnya.

"Menulislah setiap hari dan Buktikan yang akan terjadi" ( dikutip dari semboyan Bapak Dr. Wijaya Kusumah,MPd yang dikenal dengan Om Jay).

Senin, 9 Januari 2023

Kuala Pembuang

Khusnul Khatimah Yeni Arifianti,S.Pd




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukses Ngeblog ala Mr. Dedi Dwitagama

KIMIA ITU MUDAH

MENERBITKAN BUKU BERSAMA PENERBIT INDIE