Bu AAm yang inspiratif

 

              Luar biasa rasanya. Gemuruh semangat menyalakan literasi semakin terasa. Apalagi hari ini, Jumat 13 Januari 2023, saya berkesempatan berkenalan dengan pemateri sesi 3 dari KBMN ke 28 yaitu Ibu AAm Nurhasanah,S.Pd.  

            Ibu Aam Nurhasanah, adalah seorang guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMPN SATU ATAP 4 CIPANAS, Kp.Gununghaur, Desa Pasirhaur, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Beliau telah banyak menelurkan karyanya, bahkan dapat dijumpai di toko buku ternama seperti Gramedia.

Buku antologi adalah buku yang ditulis bersama dengan biaya keroyokan/patungan.



                 Adapun tema malam ini, kita fokus pada bagaimana menggali potensi untuk mengukir prestasi ujar beliau. Jawabannya sederhana. *Kita bisa mulai dengan apa yang kita sukai.* Setiap manusia diberikan kesempatan yang sama untuk menggali segala potensi yang dimiliki untuk meraih prestasi. Sebagai contoh, saya suka menulis maka saya menekuni dunia tulis. Saya menulis dari apa yang saya sukai, apa yang kita alami, atau apa yang kita kuasai. Kita bisa menulis puisi, pantun, cerpen, novel, atau kisah inspiratif yang bisa menginspirasi negeri. (Aam Nurhasanah dalam sesi 3 KBMN 28).

              Masih dalam penuturan beliau untuk penulis pemula banyak sekali kendala untuk memulai tulisan karena takut tulisan jelek, takut dibuli, tidak percaya diri, takut tulisan tidak sempurna, dan keraguan dalam mempublikasi tulisan sehingga tulisannya hanya disimpan di dalam draf dan membiarkan ide itu menguap hingga berlalu begitu saja. Saya juga merasakan hal itu saat pertama kali bergabung di dalam kelas ini. Saya bahkan dulu bergabung di gelombang 8 dan tidak lulus. Namun, saya mencoba memupuk kembali rasa semangat dalam diri hingga memutuskan untuk mengulang kelas dan lulus di Gelombang 12.

               Kembali Bu AAm bertutur tentang pengalaman beliau selain sebagai penulis juga sebagai seorang kurator. Setelah menjadi kurator, saya menerima satu naskah novel dari Juminah, seorang murid yang bekerja sebagai TKI di Arab Saudi yang merelakan masa remajanya menjadi tulang punggung keluarga untuk membiayai sekolah adik-adiknya. Novel ini dikirim melalui WA dan butuh proses membukukan naskah hingga menjadi novel kisah cinta yang menarik yang siap dibaca.

              Luar biasa tentunya mengingat perjuangan beliau untuk menjadi seorang penulis yang berkualitas. Tak lepas dari manfaat yang diperoleh dari mengikuti kegiatan KBMN PGRI dan bimbingan dari para Narasumber. Hal ini juga turut menjadi motivasi bagi saya untuk semangat mengikuti setiap kelas di KBMN PGRI 28 dan menyelesaikan tugas yang diberikan. Meskipun dalam kenyataan sambil belajar, membagi waktu dengan mengajar dan mengasuh anak yang masih batita.

             Namun, semboyan yang digelorakan oleh pemateri dari sesi 1 hingga saat ini, membuat diri ini pantang mundur meski tak juga sebrilian kawan-kawan lainnya.

           Beberapa pertanyaan diajukan oleh kawan-kawan peserta KBMN PGRI angkatan 28 Se-Nusantara. Beberapa pertanyaan termasuk bagaimana mengolah blog yang berkualitas, menulis lebih produktif dan lainnya yang hasil jawaban dari Narasumber saya cantumkan di sini :

1). Bagi yang berminat untuk karya Antologi maka menurut beliau 

"Japri Bunda Kanjeng bisa ya. Beliau kenalan editornya banyakkkkkkk☺️"

2. Tips untuk dapat lebih produktif menulis adalah ...

" *Rajin membaca akan membuatmu semakin gemuk menulis.* " Ini Bu Aam dapatkan saat membaca buku Omjay Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi. 

3). "Luangkan waktu untuk menulis, jangan menunggu waktu luang".

4). Bagaimana cara memunculkan ide menulis?

" Cara memunculkan ide, perhatikan apa yang kita lihat, kita dengar, kita sukai. Atau bisa buka album foto. Biasanya sebuah foto atau gambar bisa memuat seribu cerita. Cara untuk PD, tulis sebisanya. Nanti kalau sudah terbiasa pembendaharaan kata akan tambah banyak dan tulisan akan semakin bagus". (Berprosess yaaaa. Jangan ingin seperti makan cabe, tapi semua butuh waktu dan  keterampilan yang dilatih. Kata Bu AAm)

5). Apa yang dapat dijadikan motivasi untuk menulis salah satunya adalah menurut beliau:

" Motivasi terbesar ingin mengukir makna hidup. Kita akan dikenang dan dikenal sebagai apa saat kita sudah tiada nanti".

Tips membuat blog menarik bisa dimulai dari tema atau templet yang menarik. Bisa belajar sama Pak Brian ya

6). Ini salah satu pertanyaan yang saya ajukan, berhubung emak ini baru perdana membuat blog, bahkan untuk membalas komentar di blog ini masih dapat pesan error'. Password yang baru dibuat malah lupa..duh Gusti, semangat tetap semangat😁

" Assalamualaikum ijin mengajukan pertanyaan untuk Bu AAm, tips membuat blog yang menarik gimana ya Bun, apa ada kriteria bahasa yang digunakan dalam blog sehingga lebih menarik. Mungkin bisa diberikan contoh kepada kami yang masih awam 🙏"

Jawab Bu Aam Nurhasanah:

Tips membuat blog menarik bisa dimulai dari tema atau templet yang menarik. Bisa belajar sama Pak Brian yaa..

Tipsnya adalah MAU BELAJAR DAN BERPROSES SEHINGGA BISA NAIK KELAS

( Wah ditunggu sesion belajar memanage blognya..😆)

Masih banyak lagi, semuanya menari di dalam benak. Hari ini saya tuangkan apa yang telah saya dapatkan pada materi sesi ini, tak lupa pula, beberapa link karya Bu Aam Nurhasanah yang ingin saya abadikan dalam blog pribadi saya ini, salah satunya adalah :

https://youtu.be/M5C1DTUpy9o

https://youtu.be/F5K0iKBNMoE

Buat reader blog SCdUS ini jangan lupa look, like, share dan subscribe yaah...🥰

GURU MULIA KARENA KARYA. Jadikan Menulis sebagai passion. Rajin menulis hingga karyamu berbuah manis. Terima kasih

Kuala Pembuang, 13 Januari 2023

Yeni Arifin 


Komentar

  1. Wah ..bagus
    Bila berkenan silakan kunjungi tulisan saya:
    https://ragungps.blogspot.com/2023/01/menjadi-saksi-aneka-prestasi-literasi.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap sudah pak, namun kadang saya nggak bisa mempublish komentar, karena selalu dapat pesan error.

      Hapus
  2. Wow...tulisannya keren sekali...

    BalasHapus
  3. Semangat....lanjutkan...
    Jangan lupa mampir ke Bloggersukmi1502 juga ...trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap sudah mampir, tapi masih suka error publish komen y, sekarang sudah ketemu

      Hapus
  4. Insert link supaya hidupz cari gambar rantai. Semangat

    BalasHapus
  5. semangat semangat
    jangan lupa mampir ya
    https://gutaminingsaida.blogspot.com/2023/01/gali-potensimu-ciptakan-karyamu.html

    BalasHapus
  6. Mantap.....
    Silakan kunjungi blog saya:
    https://ragungps.blogspot.com/2023/01/menjadi-saksi-aneka-prestasi-literasi.html

    BalasHapus
  7. Mantap, semangat, bila berkenan silahkan mampir ke lilik-kistiana.blogspot.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukses Ngeblog ala Mr. Dedi Dwitagama

KIMIA ITU MUDAH

MENERBITKAN BUKU BERSAMA PENERBIT INDIE