Merajut mimpi menuju penerbit Mayor


 Day 6 KBMN PGRI angkatan ke 28

     Jumat 20 Januari 2023, suatu kejutan luar biasa kembali diberikan oleh tim solid Om Jay dalam kegiatan Belajar Menulis se-Nusantara PGRI angkatan ke 28 ini.

   Betapa tidak pada hari ke 6 pembelajaran, materi yang diberikan adalah berbagi pengalaman menulis sebuah karya yang diterbitkan oleh penerbit Mayor. 

   Kejutan lainnya datang dari seorang penulis dengan Beratus karya yang telah terjual sebagai best seller dan senantiasa mejeng disetiap toko buku ternama bahkan salah satu buku terbaik dalam versi perpusnas.

"Saya yakin teman2 sudah mendengarkan banyak cerita dari teman-teman guru penulis yang hebat-hebat". 

"Bu Aam adalah salah satu penulis yang hebat dan mandiri (ini bukan pesan sponsor, tapi kenyataan, he... he... he...)".

     Demikian candaan Prof. Richardus Eko Indrajit atau yang dikenal sebagai prof. Ekoji. Kali ini beliau ingin sharing pengalaman menjadi penulis dari buku mayor, yaitu karya tulis yang diterbitkan oleh penerbit nasional. 

    Bagaimana tidak hingga saat ini, beliau  telah menulis kurang lebih 121 buku mayor semenjak selesai kuliah. Sedangkan kalau artikel, beliau sudah menulis kurang lebih 623 artikel, dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

    Tulisan pertama beliau baru diterbitkan majalah ketika beliau duduk di bangku SMP. Sampai sekarang pun beliau merupakan seorang penulis yang sangat produktif.

     Ketika seorang profesor Ekoji menulis beliau mengungkapkan alasan senang menulis adalah karena ingin membagi ide, pemikiran, gagasan, dan cerita kepada orang lain.

 Seperti sebuah mimpi yang ingin diungkapkan, sebuah hasrat untuk melengkapi satu sisi dunia dengan cara pandang, pengetahuan dan segala sesuatu yang menjadi pemikiran, yang tidak mungkin diketahui oleh orang lain kecuali dituangkan. Salah satunya adalah dengan menulis.

    Pemateri merasa bahwa semakin saya banyak membaca buku dan menonton televisi (dulu belum ada internet), semakin tinggi keinginan saya untuk menulis.



   Selain beberapa pengalaman pemateri di atas ,ada beberapa yang kembali saya rangkum, diantaranya:

1 Buku Mayor pertama yang terbit adalah di tahun 2000, yaitu dua tahun setelah krisis dan reformasi.

2 | Sepuluh buku pertama saya isinya adalah bunga rampai. Setiap buku terdiri dari 50 artikel. Setiap artikel berisi ringkasan SATU TOPIK yang sedang menjadi trend pada saat itu.

3 | Beliau sendiri tidak menduga ketika begitu banyak oraang yeng membelinya. Sampai akhirnya jadi ketagihan menulis.

4 | Hal lain yang membuat motivasi menulis lebih besar adalah karena banyaknya SMS (dulu belum ada WA) yang masuk ke nomor hp beliau mengucapkan terima kasih atas buku yang dibuat.
    Tentu saja hal tersebut membesarkan hati dan merasa hidup berguna untuk orang lain.  Begitulah pentingnya menulis nomor handphone di setiap buku yang akan ditulis.
Ungkap prof. Ekoji.

5 | Ketika tanggal 16 Maret 2020 semua guru dan siswa harus belajar dari rumah, saya memutuskan untuk menjadi youtuber,

6 | Setiap hari beliau membuat satu youtube, yang isinya hal-hal berkaitan dengan PJJ (karena sedang menjadi pembicaraan nasional).

7 | Beliau membuat youtube dengan judul aneh-aneh, seperti gamification, flipped classroom, collaborative learning, metaverse, IOT, big data, dan lain sebagainya. 

8 | Nah ketika Oom Jay mengajak beliau untuk mengajarkan guru-guru menulis, beliau pun tergerak untuk bereksperimen. 

9 | Setiap guru beliau minta untuk membuka youtube beliau dengan alamat EKOJI CHANNEL.

10 | Kemudian setiap guru beliau minta untuk menuliskan apapun yang beliau omongkan di youtube tersebut. Setelah itu beliau memberikan tambahan referensi untuk memperkaya konten.

11 | Alhasil, dari 30 guru yang berniat bergabung, 19 buku diterbitkan.

12 | Dan dari 19 buku tersebut, satu buku terpilih jadi Buku Terbaik Nasional versi Perpusnas untuk kategori PJJ.

13 | Hingga saat ini kalau tak salah sudah lebih dari 60 buku guru-guru hebat yang berhasil diterbitkan oleh Penerbit ANDI.

14 | Nah pada kesempatan baik ini, beliau ingin mengajak guru-guru yang tertarik untuk menjadi penulis buku mayor yang diterbitkan untuk mendaftarkan diri.

15 | Namun kali ini agak berbeda modelnya. Saya akan kasih SEBUAH TEMA, kemudian dengan bimbingan saya dan bu Aam anda mendalami tema tersebut sehingga menjadi buku. ( Nah ini, semangat sekali untuk mengikuti. Meski harus berjibaku dengan anak bayiku yang baru tumbuh gigi 🤭)

16 | "Tema saya yang akan membagikan. Yang penting anda berniat serius untuk menulis". Kata beliau.

17 | "Target saya untuk angkatan ini adalah buku-buku sudah masuk ke penerbit. untuk dikurasi SEBELUM Idul Fitri. Ada yang berminat? Silahkan bu Aam mulai menanyakan kepada teman-teman tercinta". Lanjut prof. Eko.

      Seketika saya ingat BESTie yang telah men-share dan mengajak saya dan dua orang teman saya untuk mengikuti kegiatan KBMN PGRI ini,  terimakasih tak terhingga untuk Bu Jaitun yang telah membagikan link pendaftaran. 
      Sungguh seru mengikuti forum ini seperti mimpi yang perlahan-lahan menjadi kenyataan.
SEMANGAT MENJEMPUT IMPIAN MENERBITKAN BUKU SOLO PERDANA DI PENERBIT MAYOR.

Kuala Pembuang, 21 Januari 2023
Penulis
Yeni Arifin 





Komentar

  1. Semangat, semoga bisa sampai finist bersama

    BalasHapus
  2. Semangat, semoga bisa sampai finist bersama

    BalasHapus
  3. Semangat, semoga bisa sampai finist bersama

    BalasHapus
  4. Mantap bu Yeni.

    Jika berkenan silakan mampir
    https://rambawani-menujucinta-nya.blogspot.com/2023/01/mari-terima-tantangan-menulis-buku-dua.html

    BalasHapus
  5. Postinganmu membuatku lebih semangat mantap

    BalasHapus
  6. Semanagt bestie....mampir ya ke https://milmayasmi82.blogspot.com/2023/01/ohhhh-my-good-aku-berteriak-saat.html

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukses Ngeblog ala Mr. Dedi Dwitagama

KIMIA ITU MUDAH

MENERBITKAN BUKU BERSAMA PENERBIT INDIE