Ngeblog adalah fashion hari ini

 Day 5 KBMN PGRI angkatan ke 28

Hari ini tanggal 18 Januari 2023

Materi pembelajaran, *BLOG sebagai Media Pembelajaran*

Pemateri : Dail Ma'ruf, M.Pd 

Moderator: Purbaniasita KS,S.Pd

      Diawali dengan motivasi dari pemateri yang mengingatkan untuk menjadi penulis maka  jangan minder apalagi putus asa--- dengan tekad dan niat belajar, dibarengi ketahan bantingan--- insya Allah akan hasil maksud --- bisa punya buku--- sebagai mahkota bagi penulisnya

Diselipkan sebuah pepatah inspiratif yaitu ;

"MAN JADDA WAJADA-- atau THERE ARE A WANT THERE ARE A WAY"

         Balik lagi ke materi bahwa Blog sama dengan medsos lainnya seperti FB, IG, Email , Tiktok, dan You Tube.

        Kata “blog” berasal dari kata weblog yang diperkenalkan pertama kali pada 1998 oleh Jhon Barger. Website yang bersifat pribadi dan sering diperbarui dari waktu ke waktu. 

     Dengan kata lain, blog adalah website yang bersifat personal, yang memuat opini personal dan halhal lain untuk mengaktualisasikan diri dan mengabarkannya pada komunitas global.

 Seloroh yang menarik dari pemateri untuk memotivasi peserta seperti : "pada Slide 3 saya terperangah --Kok bukan Om Jay, makanya pada tulisan biru, saya bilang kalau saya yang rangking maka nomor 1 Om Jay dan Pak Dedi Dwitagama" kata pak Dail.

" Di slide 4 saya jadi faham bahwa jadi Bloger itu bisa kaya juga ya? lihat saja no 1 bloger terkenal di Indonesia penghasilannya 21 juta perbulan ". lanjut beliau.

   Blog sebagai Media sosial banyak jenisnya--- salah satunya:

1. Blog Pendidikan,

2 . Sastra dan

3. Pribadi 

     Kadang-kadang blog pribadi tampak seperti Blog gado-gado karena tak mengkhususkan untuk kontens tertentu. Lebih banyak blog pribadi- dalam arti suka suka saya mau posting apa di blog saya. 

4. blog bertopik misalnya khusus kuliner, atau Wisata

5. Blog Kesehatan saja misal yang di buat ahli Medis, Hallo dok, dll 

6. Blog politik , ini banyak jelang 2024 dan tujuannya ya mengiklankan dirinya atau jagoannya ke Publik supaya dapat dukungan atau suara  

7. Blog Perjalanan, misal pas kemaren bu sita ke jakarta bareng bu Widya ke Kopdar, maka buat blog perjalanan, nanti kl ada Kopdar Jogja 2023, buat lagi, jalan kemana saja di tayang di blog ( jelas pemateri).

8. Blog Riset , biasanya dimiliki pihak kampus atau lembaga penelitian lainnya, saya pernah kerja di LP3ES slipi. Seru Riset dan Bukunya Kren dan mantap. Majalah Prisma namanya

9. Blog Hukum di buat para ahli hukum, Pengacara jaksa dan Hakim atau Polisi ditujukan untuk sosialisasi aturan hukum atau advokasi

10. Blog Media artinya Blog berita. Memberitakan apa saja yang diliput wartawannya

11. Blog Agama : berisi masalah agama dan solusi dari penulis atau tokoh agama, bsa juga buka rubrik tanya jawab

12. Blog Bisnis, apapun bisnis kita maka diupoload di Blog detilnya, lalu link di kirim ke orang yang kita harapkan akan berminat . Bisa juga ke grup yang potensial banyak anggotanya, termasuk KBMN ini banyak diminati para pengiklan yang bisnis

Ada 5 manfaat dari Blog :

1. Blog sebagai rumah belajar dan berbagi guru Artinya, kreativitas dan kegemaran guru dapat disalurkan melalui blog, seperi kreativitas dalam menulis, maupun karya-karya lainnya.

  Bisa sebagai rumah belajar bagi guru, media meringankan beban bagi guru, bisa jadi media meningkatkan minat belajar murid, bisa berteman dengan semua manusia dimana saja, dan sebagai media silaturahmi seperti kompasiana. pembacanya ada di semua benua. 

"Nah salah satu bukti adalah pak Sartono di Magelang yang meneliti di SMAN 2 Magelang antara sebelum dan sesudah menggunakan Blog sebagai Media pembelajaran" ( ujar pemateri) membuktikan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari 55 ke 87. 

"Guru besar kita Om jay--- malah dapat berkah kehidupan dari istiukomah menulis di berbagai Blog--- bahkan jadi doktor pun dengan judul : Peran Blog kolaborasi dalam meningkatkan prestasi belajar murid" Lanjut Pak Dail.

Kemudian dilanjutkan sesi berikutnya adalah tanya jawab. Salah satunya adalah pertanyaan dari bu Lesterina di Bekasi, "Menulis di Blog tak ada batasan kata. Bebas saja . satu kalimat pun boleh . Misal judulnya : bahaga, isinya : hari ini aku bahagia dapat arisan RT. boleh".

Agar mahir nulis dan banyak keajaiban yang harus berusaha jalankan mantera sakti om jay. Akantetapi kalau memang lagi sakit atau sangat sibuk -- ya libur juga tak masalah ( selorohnya)

Hasilkan uang? bisa itu Om jay tiap bulan dari kompasiana dapat minmal 600 kadang 1 juta. Bahkan teman saya perbulan dapat 3-6 juta tapi bukan Kompasiana. ( Semangat pemateri memberikan motivasi kepada peserta KBMN PGRI angkatan 28 untuk bersemangat dalam mengeksplorasi potensi menulis pada blog ).

Selanjutnya dari penanya ke dua :

Sugiharto_MAN 1 Brebes_assalamualaikum wr. Wb. Izin bertanya: saya sudah meliliki blog, tapi masih bingung, bagaimana cara menulis di blog agar menarik dan disukai peserta didik?

 Kalau mau Blognya diminati anak murid maka buat konten yang mereka butuhkan. Misalnya jelang materi yang akan bapak sampaikan pekan depan, maka buat judul : Kiat dapat nilai 100 materi Bab 2 pelajaran . Bapak bisa sisipkan materi tertulis, You Tube Bikinan bapak atau bikinan orang, dan Soal serta jawabannya. Kemudian bilang di pesan akhir : Murid yang buka baca dan komentar akan dapat tambahan nilai. 

Intinya kalau itu menarik dan manfaat akan dikunjungi--- saya buat tutorial bikin stop kontak, murid saya 120--- dibuka 500 kali. karena 1 kali belum berhasil bikin karya.

Blog tak seperti WA dan FB atau IG, mungkin ke depan bisa saja. Jadi belum bisa lihat siapa saja kontak atau teman blog kita

Jika yang jadi masalah bisa berkunjung baca saja semuanya bisa, tapi kl belum punya blog kadang gak bisa komentar. atau kadang bisa kalau kita punya email, tapi No name

Kemudian kalau mau Fokus ke satu Topik lebih bagus, nanti tiap orang cari topik yang ibu dalami akan masuk.

nah lebih ok yang sesuai passion kita--- akan ringan dan membahagiakan

kalau saya amati, ada 3 cara. pertama rajin brerkunjung dan komen ke blog orang, kedua rajin kirim link tulisan, dan 3 jangan baper kal yang baca dan komen sedikit.

Jenis blog ada 12 itu jika yang spesifik dan digeluti oleh orang yang fokus sesuai passionnya

kalau yang diluar passion ia tulis di blog pribadi yang tak dipublikasi. 

      Pada intinya, seorang penulis yang mumpuni adalah seseorang yang pantang menyerah, pandai menganalisis keadaan di masyarakat. Membumbui tulisan dengan fakta-fakta yang otentik dan orisinil. Menulis setiap hari dengan hati mengasah kemampuan menulis itu sendiri. Dan tidak menutup kemungkinan menulis sebuah buku baik media cetak maupun elektronik seperti blog, dapat menjadi salah satu sumber cuan yang menjanjikan. Semangat menyalakan literasi.

kalau terkait pendidikan atau sosial budaya ,agama humaniora-- maka di Blog umum, dan bagi guru, 1 blog saja cukup Blog pendidikan -- media peningkatan prestasi gurudan Murid, maka murid juga bisa kirim tulisan ke gurunya ttg masukan positif terkait kita dan sekolah.

Kuala Pembuang, 19 Januari 2023

Yeni Arifin 




Komentar

  1. Alhamdulillah dapat terselesaikan meski handphone sudah mulai berat, perlu upgrade memory..namun tetap semangat meresume meski masuk barisan list 100 an...🤭

    BalasHapus
  2. Tetap semangat !!!
    Jika berkenan silahkan berkunjung ke lilik-kistiana.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Mantap Bu. Ayo kunjung juga ke alamatku

    BalasHapus
  4. Mantap bu...jln ke blog sy nih bu

    BalasHapus
  5. Resume yang mantap. Lengkap dan informatif luar biasa. Moga kelak bisa jadi buku solo.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sukses Ngeblog ala Mr. Dedi Dwitagama

KIMIA ITU MUDAH

MENERBITKAN BUKU BERSAMA PENERBIT INDIE